Skripsi

Pengetahuan masyarakat lingkungan kumuh dan hubungannya dengan prevalensi penyakit respirasi. = Knowledge of Community in Slum Area and Its Association with The Prevalence of Respiratory Diseases.

Penyakit respirasi termasuk penyebab kematian tertinggi di dunia. Namun prevalensinya pada pemukiman kumuh di Indonesia masih belum diketahui. Penelitian cross sectional kemudian dilakukan di Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat dengan teknik cluster consecutive sampling pada 18-26 Januari 2012 untuk mengetahui prevalensi penyakit tersebut dan kaitannya dengan pengetahuan masyarakat, sebagai langkah awal intervensi pendidikan kesehatan. Hasil penelitian terhadap 104 responden berusia > 18 tahun berdasarkan kuesioner: 1) Prevalensi penyakit respirasi sebanyak 5% terdiri dari asma (1,7%), pneumonia (0,2%), TB (2,2%) dan PPOK (0,9%) serta tidak ditemukannya hubungan tingkat pengetahuan dengan penyakit respirasi (p = 0,342); 2) Terdapat 3,8% responden dengan tingkat pengetahuan baik, 41,3% cukup dan 54,8% kurang, berdasarkan pengetahuan terhadap penyakit respirasi. Kemudian tidak ditemukan hubungan karakteristik demografi usia (p = 1,000), jenis kelamin (p = 0,935) dan status pekerjaan (p = 1,000) dengan tingkat pengetahuan; 3) Sumber informasi yang sering digunakan adalah televisi dan ditemukan korelasi bermakna antara jumlah sumber informasi dengan skor pengetahuan (p < 0,05; r = 0,278). Dalam penelitian disimpulkan masih belum perlunya penyuluhan. Namun perlu ditinjau lebih lanjut hubungan pengetahuan terhadap konsistensi perilaku hidup sehat yang dapat mencegah penyakit respirasi. Selain itu juga perlu diketahui faktor lain yang dapat memengaruhi tingkat pengetahuan, serta perlunya optimalisasi informasi kesehatan respirasi melalui televisi sebagai sumber informasi tersering yang digunakan.
Kata Kunci: masyarakat lingkungan kumuh, penyakit respirasi, sosio demografi, sumber informasi, tingkat pengetahuan.


Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

Muhammad Reza Al Hakim - Nama Orang
Elisna Syahruddin - Nama Orang

No. Panggil
S13175fk
Penerbit
Jakarta : .,
Deskripsi Fisik
x, 73 hal., lamp. 4
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S13175fkS13175fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengetahuan masyarakat lingkungan kumuh dan hubungannya dengan prevalensi penyakit respirasi. = Knowledge of Community in Slum Area and Its Association with The Prevalence of Respiratory Diseases.

Related Collection